PUNYA INI ITU TANPA CICILAN EMANG BISA? Eps.1

Bisa! Yang bikin gak bisa itu ada 2 hal:

1. Rasa gengsi

2. Gak sabaran

Aku mau ceritain gimana akhiranya bisa punya rumah, kantor dan mobil tanpa cicilan yang ada ribanya. Sederhana polanya, apa yang aku lakukan keliatan kok, bisa Mak pelajari tanpa ada rahasia yang aku sembunyikan.

kali ini aku mau kasih tau dulu soal mobil.

Dateng ke pameran mobil, sok nunjuk-nunjuk mobil yang diinginkan, foto-foto, tanya ini itu ke salesnya, ambil brosur, sampe ngasih nomor telepon untuk follow-up 😅

Alhamdulillah untung gak disetujuin 🤪 Soalnya emang gak punya duit, gak ada slip gaji sebagai referensi pendapatan, gak ada yang bisa diagunkan, rekening juga kadang ada isinya kadang enggak 🤣

Sebelum beli mobil, coba tanya ke diri sendiri, “APA FUNGSI DARI MOBIL?”

Jika jawabannya masih ada unsur “gengsi” maka baiknya Anda dirukiyah 😅

Namun jika jawabannya untuk transportasi memindahkan orang dan barang, ini bisa kita lanjut diskusi mengenai strategi kepemilikan mobilnya.

Orang:

– Anak sudah makin banyak, gak aman jika bejubel di motor.

– Mengurus orangtua yang renta.

– Istri gak bisa bawa motor (kaya Mak Muri) jadi gak bisa kalo pergi 2 motor.

Barang:

– Untuk keperluan bisnis, beli barang untuk produksi/jualan.

– Melindungi barang saat musim hujan diperjalanan.

– Jauh lokasinya, lebih efisien jika lewat tol.

Jika salah satu jawaban ada diantara itu, maka boleh lanjut kita bahas beli mobilnya. Namun, yang dibeli harus sesuai dengan fungsinya. Bahkan “sedikit dipaksa” untuk bisa digunakan yang bukan semestinya ya gakpapa juga 🤭

Syarat beli mobil untuk pertama kali adalah

1. Sesuai dana.

2. Bisa digunakan sesuai tujuan membeli mobil.

3. Jangan ngarep mobil baru.

4. Siapkan juga dana untuk kebengkel, maklum beli mobil bekas.

Pertama kali beli mobil tahun 2012, demi bisa untuk ngangkut kain. Padahal mobilnya sedan butut 😅 disiksa untuk bawa kain 8 roll x 25kg.

Ini sejarah kami beli mobil, bergantian belinya, bukan beli banyak ya 😊 Dan ada juga kok ngalamin masa-masa gak punya mobil karena terpaksa dijual demi nutup biaya operasional bisnis 🤣

1. Mazda MX6 1989 – 30jt

2. Terrano 2002- 70jt

3. Terrano 1996 – 50jt

4. Odyssey 2005 – 107jt

Mobil yang ke empat ini, dibeli sudah bukan lagi untuk keperluan bisnis. Hanya untuk ngejar nyaman jika dipake perjalanan jauh bersama keluarga. Alhamdulillah Bandung – Surabaya – Jogja – Bandung aman walau bawa nenek-nenek…

Gak malu Mak Muri mobilnya butut? Kan pengusaha yang lain mobilnya Pajero, Fortuner, Alphard…

Ngapain malu sama manusia? Justru malunya sama Allah 😭

Udah dilarang riba, eh tetep masih keras kepala ngeriba.

Nabung – beli sesuai dana – nabung lagi – jual mobil lama + nambah dari tabungan – nabung lagi – jual mobil lama + nambah dari tabungan – nabung lagi… nah gitu terus jika mau nanti lama-lama punya mobil yang lebih bagus dan gak sering mogok 🤣 Curhat banget aku wakwak…

Bismillah… jalanin hidup gak usah pake ribet, dibawa kalem aja, jangan dengerin omongan orang yang manas-manasin bikin kita pengen punya barang yang belum sesuai dengan kemampuan.

No Utang, No Ribet 👍

Btw.. kami punya itu semua dari hasil bisnis online yang kami mulai dari nol, dan atas bantuan serta izin Allah tentunya…

Yuk seriusin bisnis onlinemu Mak!

Maa syaa Allah.. Tabarakallah…

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: