CARA MEMBANGUN TIM BISNIS ONLINE YANG HEBAT

Siapa sih yang gak mau punya tim (karyawan) bisnis online yang hebat? Pasti dong kita semua mau.

Aku pun masih terus berjuang, Mak. Belajar lagi dan lagi untuk bisa mewujudkan tim impian. Salah satu ikhtiarnya adalah dengan cari ilmunya di berbagai buku.

Hari ini aku baca buku coach Armala , How to be a Great Manager, halaman 177.

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa sebagai seorang pemimpin, kita mempunyai tanggung jawab untuk mengajar atau melatih. Pemimpin harus bersedia mengajarkan keahlian, berbagai wawasan dan pengalaman. Serta bekerja dalam hubungan yang erat dengan bawahan untuk membantu mereka menjadi matang dan kreatif.

Dengan mengajar, para pemimpin bisa memberikan ilham, motivasi dan mempengaruhi bawahan.

Kalau Tim yang kita pimpin ingin selalu menang, maka melatih tidak mungkin hanya merupakan kegiatan sementara atau sesekali. Melatih yang efektif adalah kegiatan setiap hari, bukan sekali setahun.

Makin banyak waktu yang dilewatkan para pemimpin untuk melatih bawahannya, akan semakin baik pula hasil yang didapat. Semakin mereka ahli, semakin baik pula mereka menyelesaikan tugas-tugas organisasi bisnis.

Tiga jenjang untuk memberdayakan bawahan:

1. Delegasi

Membuat delegasi berarti memberikan tanggung jawab dan wewenang kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang semestinya kita lakukan.

2. Training (Pelatihan)

Merupakan proses pengajaran yang merupakan perpaduan antara teori dan praktik kepada orang lain atau bawahan agar memiliki pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan.

Pelatihan dapat dilakukan secara formal maupun informal. Bisa diselenggarakan di dalam ruangan atau luar ruangan. Juga bisa bersifat on the job training (pelatihan langsung sambil bekerja).

3. Coaching (melatih)

Coaching adalah proses mendorong bawahan agar dapat bertindak secara benar, tepat dan akurat sesuai dengan standar keterampilan profesional (kompetensi).

Proses ini bukan lagi mengajarkan secara teori, namun melalui praktek di lapangan. Tugas kita sebagai coach bukanlah mengoreksi kesalahan, menemukan kesalahan atau menyalahkan. Namun untuk membimbing mereka agar memiliki keterampilan yang dibutuhkan, sehingga mencapai puncak kinerjanya.

Maa syaa Allah… makin banyak ya Mak PR kita jalanin bisnis. Jadi bisnis itu bukan cuma urusan ada barang dan jualan

Btw.. Mak Muri kok tumben posting foto laki-laki?

Iya nih Mak, aku mau kenalin tim baru aku namanya A Bani, yang pake jaket abu. Dan A Ilham yang sebelahnya. Mereka itu yang paling ganteng di kantor hihihiiiii.. soalnya yang lain cewek semua, kecuali HRD dan tim divisi umum.

A Bani dan A Ilham ini masuk divisi Tim Produksi YUUKA. Walaupun mereka laki-laki, mereka tetap bisa bikin konten postingan Instagram yang cantik, sesuai selera klien yang produknya untuk perempuan.

Mereka sudah melewati masa pelatihan dan pembinaan serta evaluasi berulang kali agar bisa menghasilkan karya terbaik untuk memuaskan klien YUUKA. Harus memastikan klien yang minta dikelola akun Instagramnya di YUUKA merasa puas. Kami terbuka untuk berbagai kritik dan saran.

Alhamdulillah mereka sabar menghadapi kecerewetan emak-emak Karena SDM di YUUKA terbatas, jadi kami pun membatasi jumlah klien yang diterima untuk jasa pengelolaan instagramnya.

Yuk semangat bimbing karyawan kita Mak, biar mereka bisa terus bertumbuh secara personal dan tentunya akan berdampak juga pada pertumbuhan bisnis Mak.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: