JUMLAH CHAT SEDIKIT TAPI PENJUALAN BANYAK

Hari ini aku baca lagi buku The Business Coach karya Bradley J Sugars. Di halaman 96 ditegaskan kembali mengenai Average Dollar Sale. Bahasa Emak-Emaknya “rata-rata penjualan”. Setiap hari ada 2 hal yang selalu kita perjuangkan, yaitu Pemasaran dan Penjualan. Bagi yang belum paham hal tersebut berbeda, silahkan baca lagi buku BOAP-nya ya Mak.

Selagi proses pemasaran dilakukan, yang belum tentu langsung ada penjualan, kita gak bisa hanya bengong menunggu hasil dari pemasaran yang salah satu indikasinya adalah chat yang berudul.

Berapa pun chat yang ada, kita harus optimasikan. Misalnya sehari baru ada 5 chat, jangan lemes Mak. Walaupun cuma 5 chat, tapi kita bisa buat angka penjualannya seakan kaya ada 10 orang yang beli. Atau bahkan lebih.

Ada beberapa hal yang bisa kita ikhtiarkan:

Sediakan jenis produk lebih banyak.

Seperti yang dilakukan Mak Titin Kustini, owner Tin’s Kitchen. Waktu aku main ke rumahnya, produknya makin berragam. Aku niatnya mau beli bumbu spagheti, eh jadi nambah beli bumbu nasi kebuli. Aku baru tau kalo ada variant tersebut. Jika ada jenis produk yang lebih banyak, kita bisa melakukan teknik Cross Selling.

Produk dalam banyak ukuran kemasan memungkinkan kita melakukan teknik Up Selling.

Bawang goreng yang dijual Mak Titin misalnya, ada ukuran kecil dan besar. Kita bisa menawarkan ukuran besar agar dia gak repot bolak-balik beli atau gak cepet habis.

Berikan value tambahan agar harga lebih tinggi.

Jika Mak biasanya menjual roti dengan isi coklat, coba bikin roti isi coklat + kayu manis + oreo. Harga lebih tinggi, margin yang didapat bisa lebih tinggi.

Selain mengulik dari segi produknya, bisa juga value pada pelayanannya. Jika belanja lebih dari 10pcs bisa dapat subsidi ongkir.Atau Mak berikan bonus berupa merchandise atau produk   yang tidak dijual bebas dan hanya bisa didapatkan secara gratis jika membeli produk dengan jumlah tertentu.

Yuk Mak, kita tuangkan berbagai ide untuk menaikkan jumlah rata-rata penjualan dari tiap konsumen yang Allah hadirkan hari ini. Tapi jangan sebatas menuangkan ide ya, kudu dipraktekin donk. Dan yang juga penting adalah melakukan Uji & Ukur.

Setelah eksekusi ide A, hasilnya bagaimana.

Ide B, berdampak signifikan atau gak ngaruh.

Ide C, mendapat feedback bagus kah dari pelanggan?

Yes, Uji & Ukur menggunakan data akurat membuat kita gak tebak-tebakan dalam bisnis. Karena bisnis adalah MENGOLAH DATA, ilmu matematika yang terukur.

Setelah mempraktekkan cara ini dan omzet Mak naik, jangan lupa kabarin aku ya.

Salam SUKSES Online Shop Indonesia

Muri Handayani

“Keluarga Keurus, Bisnis Jalan Terus”

Diterbitkan oleh murihandayani

Tips Bisnis Ibu Rumah Tangga #KeluargaKeurusBisnisJalanTerus #TipsBisnisOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: